Viral Video Angin Puting Beliung Terjadi di Langit Kota Cirebon

Penampakan Angin Puting Beliung di Kota Cirebon | Devteo Mahardika Prakoso

BERITA RADIO - Setelah sebelumnya Angin Puting Beliung menerjang Desa Selangit Kabupaten Cirebon hingga menyebabkan 315 rumah warga mengalami kerusakan mulai dari rusak ringan hingga berat. Kali ini kembali terjadi pusaran Angin Puting Beliung di atas langit Kota Cirebon, dimana dari sejumlah video yang tersebar di aplikasi pesan Whatsapp memperlihatkan pusaran angin tersebut terjadi di wilayah Cangkol Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon pada pukul 16.00, Rabu 3 Maret 2021.

Dari sejumlah video yang tersebar itu, penampakan Angin Puting Beliung terlihat sangat menyeramkan. Sehingga membuat sejumlah masyarakat yang melintas di jalan sekitar wilayah pesisir Kota Cirebon mengabadikan kejadian itu menggunakan smartphone.

Dalam video yang tersebar itu, sangat terlihat jelas jika pusaran angin berasal dari awan hingga ke bawah. Meskipun sampai dengan saat ini belum diketahui secara pasti titik terjadinya Angin Puting Beliung itu.

Dilansir dari Wikipedia, puting beliung merupakan dampak ikutan awan Cumulonimbus (Cb) yang biasa tumbuh selama periode musim hujan, tetapi tidak semua pertumbuhan awan CB akan menimbulkan angin puting beliung.

Kehadirannya Angin Puting Beliung belum dapat diprediksi dan dapat terjadi secara tiba-tiba (5-10 menit) pada area skala sangat lokal.

Secara bentuk pusaran puting beliung mirip belalai gajah/selang vacum cleaner dan lebih banyak terjadi di daerah dataran rendah dibandingkan dengan dataran tinggi.

Artikel Pilihan

Berita Lainnya

Konten Rekomendasi

loading...

Berita Radio Network