Sejak Dibuka 15 Februari Lalu, Sebanyak 3.496 Penumpang Kereta Gunakan GeNose di Cirebon

Salah Satu Penumpang Kereta Api Saat Lakukan Pemeriksaan Covid-19 Mwnggunakan GeNose | Devteo Mahardika Prakoso

BERITA RADIO - Dalam rangka memperketat protokol kesehatan bagi para penumpang kereta api, salah satunya dalam hal kelengkapan Surat bebas Covid-19 di wilayah PT KAI. Kini telah menghadirkan layanan pemeriksaan GeNose di 12 stasiun, yaitu di Stasiun Cirebon, Stasiun Purwokerto, Stasiun Madiun, Stasiun Malang, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo dan Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto mengatakan kehadiran layanan tes GeNose telah memberikan pilihan kepada para penumpang dalam memilih layanan tes bebas Covid-19 di samping layanan tes Rapid Antigen yang sudah tersedia sebelumnya.

"Saat ini di Wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon telah tersedia layanan Test Rapid Antigen di Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang," kata Suprapto, Selasa 1 Maret 2021.

Mulai pada tanggal 9 Februari 2021 yang lalu, pelanggan yang hendak menggunakan Kereta api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

"Kalo khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan," ungkap Suprapto.

Dikatakannya, aturan tersebut sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian pada masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

"Dalam aturan SE No: 20 Tahun 2021 dan SE Satgas Covid-19 No: 7 Tahun 2021 disebutkan bahwa persyaratan surat bebas covid 19 bagi para penumpang KA Jarak Jauh, itu berupa Surat keterangan dengan hasil  Negatif dari tes GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR. Sementara untuk anak - anak di bawah usia 5 tahun tidak diwajibkan,” ujar Suprapto.

Lanjut dia, selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan hasil akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Berita Pilihan

Berita Lainnya

Berita Radio Network