Hermanto : Dari Pada Mangkrak, Pembangunan SOR Watubelah Dipihak Ketigakan

Anggota DPRD Kabupaten Cirebon, Hermanto | Devteo Mahardika Prakoso

BERITARADIOMARITIM.COM - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon, Hermanto menilai jika kelanjutan proses pembangunan Sara Olahraga (SOR) Watubelah belum diketahui secara pasti. Pasalnya bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sulit terealisasi akibat pandemi Covid-19.

Dirinya mengatakan jika proses pembangunan mangkrak kembali, maka Pemerintah Kabupaten Cirebon harus dapat melanjutkan proses pembangunan tanpa harus ketergantungan melalui anggaran Pemprov Jabar.

"Anggaran sekarang kan fokus pada penanganan Covid-19. Kemungkinan besar, karena GOR Watubelah bukan lagi menjadi skala prioritas," ucap Hermanto kepada wartawan, Senin 1 Maret 2021.

Menurut Hermanto, hal tersebut berdasarkan pengakuan pihak Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Cirebon. Dikatakannya jika Bappelitbangda mengaku, awal pembangunan GOR Watubelah atas inisiatif Pemprov Jabar, menghadapi Pekan Olah Raga Nasional (PON) sekitar lima tahun lalu. 

"Awalnya pembangunan GOR ini untuk tempat terselenggaranya PON. Pemkab hanya diminta menyediakan tempat, dan anggaran pendampingnya saja. Untuk anggaran pembangunannya, paling besar dari Provinsi," ujar Hermanto.

Terlebih lagi lanjut dia, pergantian Gubernur Jawa Barat akan mengganti pula skala prioritas dan hal itu dapat menjadi ketidakpastian yang berlarut-larut.

"Pemkab sekarang kebingungan. Kalau mau menyelesaikan sisa pembangunan, masih butuh dana lebih dari lima ratus milyar. Uang sebesar itu dari mana, wong anggaran disini saja dipakai untuk skala prioritas lainnya," kata Hermanto.

Namun, Bappelitbangda kata Hermanto akan melakukan koordinasi dengan Pemprov Jabar, untuk mencari solusi bagaimana kelanjutan pembangunan GOR tersebut. Jika melihat anggaran yang ada, kecil kemungkinan Pemkab Cirebon akan bisa melanjutkan tanpa bantuan anggaran provinsi. 

Berita Pilihan

Berita Lainnya

Berita Radio Network