Ciayumajakuning Dilanda Hujan Angin Beberapa Hingga Hari Kedepan

ilustrasi hujan lebat | freepik

BERITARADIOMARITIM.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kertajati memprakirakan wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) akan dilanda hujan disertai angin kencang hingga empat hari ke depan. Masyarakat pun diimbau untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam beraktivitas di luar ruangan.

Forecaster BMKG Stasiun Kertajati, Ahmad Faa Izyin menyebutkan fenomena ini disebabkan oleh terbentuknya beberapa pusat tekanan rendah yang terjadi di wilayah selatan ekuator Indonesia. Selain itu, terdapat belokan angin sehingga meningkatkan pertumbuhan awan hujan dan berdampak pada kondisi cuaca.

Baca Juga :

"Oleh karena kondidi itu, meningkatkan pertumbuhan awan-awan hujan yang berpotensi hujan disertai angin kencang di wilayah Ciayumajakuning," ujarnya dalam keterangan resminya, Rabu 3 Februari 2021.

Dia menyebutkan, hujan disertai angin kencang ini akan diprakirakan akan terjadi pada 3-6 Februari 2021. Berdasarkan data yang terpantau hari ini, kecepatan angin umumnya dari arah barat dengan kecepatan maksimum mencapai 41 Km/jam.

"Namun diprakirakan kecepatan anginnya dapat mencapai nilai maksimum hingga 56 Km/jam dan masih akan berlangsung hingga empat hari kedepan," katanya.

Baca Juga :

Ahmad mengingatkan kepada masyarakat agar selalu waspada jika hendak berkegiatan di luar ruangan. Pasalnya, akibat fenomena ini bisa menyebabkan bencana diantaranya pohon tumbang, banjir hingga tanah longsor.

"Berhati-hati jika beraktivitas diluar rumah, berkendara dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti pohon tumbang, baliho roboh, banjir, tanah longsor dll, serta juga peningkatan tinggi gelombang mencapai lebih 1,5 meter di Perairan Utara Cirebon dan Indramayu," pungkasnya.

Berita Pilihan

Berita Lainnya

Berita Radio Network