Korban Longsor Sumedang Akan Direlokasi, BPBD Jabar dan Pemkab Sumedang Tengah Cari Lokasi

Personel SAR Gabungan mengevakuasi korban longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Sabtu 9 Januari 2021. | Humas SAR Bandung

BERITARADIOMARITIM.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar), Dani Ramdan mengatakan akan merelokasi warga terdampak longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Saat ini, pihaknya dan Pemerintah Kabupaten sumedang tengah mencari lahan relokasi.

"Warga sudah bersedia direlokasi, tetapi untuk sementara saat ini diberi uang tunggu untuk menyewa rumah sambil menunggu proses penyediaan lahan dan pembangunan rumah selesai," ujarnya dikutip dari laman humas.jabarprov.go.id, Senin 18 Januari 2021.

Dia menjelaskan, yang akan direlokasi sebanyak kurang lebih 353 unit rumah, karena daerahnya rawan terkena longsor. Saat ini, korban terdampak ada yang sudah diungsikan ke dua lokasi, mereka juga sudah diberikan suplay makanan dan layanan kesehatan.

"Ada dua lokasi pengungsian yaitu di gedung SD dan komplek SBG. Awalnya warga tidak mau diungsikan, sekarang tempat pengungsian penuh," katanya. 

Baca Juga :

Sementara itu, terkait dengan kabijakan penanganan kebencanaan di jabar Dani menjelaskan saat ini kabupaten kota sedang menyiapkan dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) yang merupakan turunan dari Pergub Nomor 1 tahun 2020 tetang Kesiagaan Bencana di Jawa Barat, yang berupa blue print kesiagaan bencana Jabar. 

"RPB itu nanti isinya merupakan rincian implementasi lebih rinci dari Pergub tersebut  disesuaikan dengan kebutuhan daerah," terangnya.

RPB itu bentuknya menurut Dani bisa dalam bentuk Perda atau Peraturan Bupati/Wali Kota atau peraturan Kepala Daerah.

Berita Pilihan

Berita Lainnya

Berita Radio Network