Menjelang Pemilihan Wakil Bupati Cirebon Panlih Gelar Gladi Bersih

Proses Gladi Bersih Menjelang Pemilihan Wakil Bupati Cirebon di DPRD Kabupaten Cirebon | Devteo Mahardika Prakoso

BERITARADIOMARITIM.COM - Panitia Pemilihan (Panlih) wakil bupati (Wabup) Cirebon pengganti antar waktu dprd kabupaten cirebon, mempersiapkan rapat paripurna pemilihan secara matang. Agar berjalan dengan baik, Panlih pun menggelar gladi bersih, di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (dprd) kabupaten cirebon, Selasa 1 Desember 2020.

Dalam agenda gladi bersih terlihat Panlih Wabup Cirebon mempraktekkan sejumlah tata cara pemilihan, serta menyiapkan alat kelengkapan pemilihan mulai dari kotak suara, surat suara, bilik suara, dan lainnya. Kemudian, penempatan untuk duduk Panlih, Cawabup, serta bagi para pemilih pun telah disiapkan dengan matang.

Ketua Panlih Wabup Cirebon, H Mustofa menyampaikan, gladi bersih yang dilakukan pihaknya itu dilaksanakan sehari sebelum pelaksanaan paripurna pemilihan. Tujuannya, supaya pelaksanaan nanti untuk panitia khusus pemilihan ada tugas masing-masing.

"Baik pimpinan dan anggotanya untuk bisa memahami tugas yang diberikan. Dengan memahami tugas dan penempatan bagi anggota khusus pemilihan diharapkan pelaksanaan berjalan secara tertib dan lancar," ungkap Mustofa.

Lanjut dia, dalam pemilihan Wabup Cirebon tersebut ada batasan waktu untuk menggunakan hak suaranya. Jadi, lanjut dia, kalau nanti panitia khusus pemilihan memahami tugas-tugas dan penempatannya, diharapkan kegiatan pun bisa berjalan secara lancar, sesuai dengan agenda yang ditetapkan.

Adapun pembagian tugasnya, lanjut Mustofa, yakni mulai dari memimpin pemilihan, kemudian menghitung alat kelengkapan kotak suara, kartu suara, catatan, rekapitulasi suara sampai dengan penghitungan suara hasil pemilihannya.

"Yang paling pokok semua dalam tahapan proses pemilihan akan dituangkan dalam berita acara pemilihan. Dan berita acara pemilihan itu sebagai dasar penetapan calon wakil bupati terpilih dalam rapat paripurna besok," ungkap Mustofa.

Ia juga kembali mengingatkan, seluruh anggota dan pimpinan dprd kabupaten cirebon wajib hadir dalam paripurna pemilihan Wabup Cirebon. Karena sudah menjadi tugas dan kewajiban mereka untuk menghadiri rapat paripurna, agar kuorum dan kegiatan bisa dilaksanakan.

Berita Lainnya

Konten Rekomendasi

loading...

Berita Radio Network