Makna Pakaian Batik Model Terbaru Pemkab Cirebon

Penampilan Batik Model Terbaru Pemkab Cirebon | Devteo Mahardika Prakoso

BERITARADIOMARITIM.COM - Pemkab Cirebon akhirnya melaunching batik baru yang akan digunakan oleh seluruh pegawai dilingkungan Pemkab Cirebon hingga ke pemerintah desa. Batik tersebut diberi nama batik mande praja Caruban yang dilaunching di Studio Kaliandra Radar Cirebon, Selasa 1 Desember 2020.

Tidak hanya pegawai dilingkungan Pemkab Cirebon, batik mande praja Caruban akan digunakan hingga ke tingkat pemerintah desa. Batik tersebut nanti akan menjadi pengganti batik merah yang sudah ada. 

Design batik tersebut dihasilkan dari lomba atau sayembara design batik yang sudah diselenggarakan pada 2019 lalu yang hak ciptanya menjadi milik Pemkab Cirebon. 

Warna dasar dari batik tersebut perpaduan putih dan coklat dengan motif dominan mega mendung, padasan dan lain-lain yang dipadukan sedemikian rupa sehingga menjadi batik khas dengan ciri Cirebon yang sangat terlihat.

Bupati Cirebon, Imron Rosyadi saat ditemui  mengatakan, pihaknya sudah menerbitkan Peraturan Bupati terkait batik tersebut yang nantinya akan digunakan untuk menggantikan batik merah yang sudah ada.

“Sudah ada perbupnya, Ini hasil sayembara yang kemudian pemenangnya diberikan hadiah sementara hak dan motif batiknya digunakan oleh Pemda,” ujarnya.

Ditambahkan Imron, pihaknya sudah menerbitkan Perbup Nomor 47 tahun 2020 tentang perubahan atas peraturan Bupati nomor 40 tahun 2019 tentang pakaian dinas kepala daerah, wakil kepala daerah dan pegawai negeri sipil dilingkungan pemerintah kabupaten cirebon.

“Untuk pembuatan batik ini Pemkab Cirebon memberdayakan 287 pengrajin batik yang terdiri dari 11 desa  dan dalam 3 Kecamatan yakni Kecamatan Plered, Tengah Tani dan Ciwaringin. Selain jaminan kualitas, pemesanan batik pada pengrajin langsung ini untuk mempercepat proses pemulihan perekonomian ditengah kondisi pandemi,” imbuhnya.

Berita Lainnya

Konten Rekomendasi

loading...

Berita Radio Network