Badko HMI Jabar Menyelenggarakan Sekolah Demokrasi

Poster Sekolah Demokrasi | Akun Instagram @hmibadkojabar

BERITARADIOMARITIM.COM- Dalam mewujudkan gagasan yang telah dikembangkan sejak 2019 dan fokus dalam pelatihan memantau pemilihan umum, Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Jabar yang telah menjadi panutan kaderisasi sebuah organisasi, membuka sekolah demokrasi dengan tema "Proses Formulasi Kebijakan dan Politik Anggaran Publik" yang dilaksanakan sejak Minggu, 29 November hingga Rabu, 2 Desember 2020 di Villa Malaganti, Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Umum badko HMI Jabar Khoirul Anam Gumilar Winata menegaskan bahwa kegiatan sekolah demokrasi ini hanya diikuti oleh 25 peserta se-Jabar dan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. 

"Bagaimana mengajukan masalah akademik pada DPRD, DPRD Provinsi maupun DPR RI. Bagaimana kita menganalisa anggaran publik dan bagaimana kita paham untuk mengadvokasinya," ungkap Khoirul Anam.

Acara yang dihadiri pula oleh Wakil Gubernur jawa barat Uu Ruzhanul Ulum ini menilai bahwa  sekolah demokrasi sangat penting mengingat dalam acaranya pun mengajarkan agar selalu menerapkan demokrasi dan harus dilandasi payung hukum yang sesuai berdasarkan UUD, Keputusan Menteri, Peraturan Pemerintah, dan lainnya. 

"Oleh karena itu, sebagai generasi muda, jangan tabu dalam masalah perpolitikan. Ilmu diimplementasikan dengan inovasi-inovasi pribadi. Karena memang pemuda adalah sebagai agen-agen perubahan. Begitu juga dengan takwa, diimplementasikan dengan moral dan akhlak," jelas kang uu

Pernyataan kang uu tersebut sesuai dengan tema acara Sekolah Demokrasi tahun ini, yakni fokus kepada peningkatan kualitas anggota di wilayah demokrasi karena nilai intelektual dinilai sangat penting dalam memahami bagaimana kondisi pemerintahan saat ini. 

Sumber : Jabarprov.go.id

Berita Lainnya

Konten Rekomendasi

loading...

Berita Radio Network