Pemkab Cirebon Akan Manfaatkan Dua Bangunan Ini Untuk Tempat Isolasi Mandiri OTG

Satgas Covid-19 Kabupaten Cirebon Saat Meninjau SOR Watubelah | Devteo Mahardika Prakoso

BERITARADIOMARITIM.COM - Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 dari hasil tracing dan tracking, membuat Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kabupaten cirebon khususnya bidang kesehatan diharuskan mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang terutama menyediakan ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua harian Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten cirebon, Rahmat Sutrisno selepas melaksanakan rapat di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan Kartini Kota Cirebon, Rabu 25 November 2020.

Dirinya menjelaskan, saat ini kabupaten cirebon sedang bersiap menambah ruang isolasi untuk pasien Covid-19. Diantaranya adalah Sarana Olahraga (SOR) Watubelah dan eks bangunan rumah sakit umum daerah (RSUD) Arjawinangun yang akan difungsikan kembali.

"Karena kondisi jumlah kasus bertambah, kami (Pemkab Cirebon,red) memutuskan untuk memanfaatkan Sarana Olahraga (SOR) Watubelah untuk dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19," ungkap Rahmat.

SOR ini nantinya, sambung Rahmat, akan dijadikan unit layanan isolasi khusus yang dibawah manajemen RSUD Arjawinangun.

Oleh karena itu, satgas covid-19 Kabupaten Cirebon secara langsung meninjau SOR Watubelah dan bangunan eks RSUD Arjawinangun untuk mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan. 

"Kalo akan digunakan atau tidak untuk pasien Covid-19, nantinya dokter yang akan menganalisa," ujar Rahmat.

Kebutuhan tempat isolasi mandiri, masih kata Rahmat, sebagai langkah antisipasi OTG (Orang Tanpa Gejala) masih tetap bergaul dengan masyarakat. Sehingga tempat isolasi khusus dibutuhkan untuk mencegah agar pasien OTG tidak bergaul dengan masyarakat umum.

Berita Lainnya

Konten Rekomendasi

loading...

Berita Radio Network